Tidur Siang Terlalu Lama Dapat Memicu Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit metabolisme di mana jumlah kadar gula dalam darah terlalu tinggi yang dikarenakan tubuh kita tidak lagi mampu untuk memproduksi insulin yang mencukupi.

Tidur Siang Terlalu Lama Dapat Memicu DiabetesSampai artikel ini ditulis, penyakit diabetes masih menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, baik itu di kalangan usia muda, atau pun di usia tua. Pola hidup yang sehat menjadi harga mati supaya kita bisa memperkecil kemungkinan kita untuk mengidap penyakit diabetes. Salah satu kebiaasan yang kurang baik dan mesti di hindari adalah tidur siang yang terlalu lama.

Perlu diketahui bahwa tidur siang terlalu lama bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes. Terdengar cukup mengejutkan juga bukan. Ya, itulah hasil daripada beberapa penelitian terbaru tentang penyakit diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 27.000 warga china yang sudah pensiun dilibatkan. Kemudian mereka dibedakan menjadi 4 kelompok penelitian sesuai dengan berapa lamanya mereka menjalani tidur siang.

Hasil yang didapat ternyata lebih dari dua pertiga responden yaitu sekitar 18.500 orang dilaporkan tak pernah absen tidur siang. Para peneliti kemudian mengaitkan dengan beberapa faktor lainnya seperti merokok, aktivitas fisik, dan jatah tidur malam dari para responden.

Dari situ, telah ditemukan bahwa mereka yang tidur siang lebih dari satu jam lebih berisiko untuk terkena penyakit diabetes.

“Ini adalan penelitian penting, terutama bagi orang yang terbiasa tidur siang,” ujar Eliane Lucassen peneliti dari Leiden University Medical Center.

Lucassen juga menambahkan bahwa kalau tidur siang mungkin bisa memberikan manfaat bagi sebagian orang, namun tidur siang yang dilakukan janganlah terlalu lama. Hal ini dikarenakan tidur siang terlalu lama dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Oleh sebab itu, diusahakan mulai dari sekarang ada baiknya Anda lebih bijak dalam mengatur waktu istirahat Anda. 1 jam dalam setiap hari, saya rasa itu sudahlah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai tidur siang.

Demikian informasi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, semoga apa yang telah disampaikan bisa memberikan wawasan baru bagi kita. Kalau sekiranya Anda mempunyai masalah dengan yang namanya penyakit kanker kelenjar getah bening, sebaiknya Anda baca artikel kami tentang obat kanker kelenjar getah bening

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment